Administrasi Pendidikan (Citra Pendidikan Indonesia)

INOVASI DALAM KETENAGAAN

Tenaga Kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjangPenyelengagaraan Pendidikan

Yang termasuk kedalam tenaga kependidikan adalah:

1. Kepala Satuan Pendidikan

Kepala Satuan Pendidikan yaitu orang yang diberi wewenang dan tanggung jawab untuk memimpin satuan pendidikan tersebut. Kepala Satuan Pendidikan harus mampu melaksanakan peran dan tugasnya sebagaiedukator, manajer, adminitrator, supervisor, leader, inovator, motivator, figur dan mediator (Emaslim-FM)

2. Pendidik

Pendidik atau di Indonesia lebih dikenal dengan pengajar, adalah tenaga kependidikan yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan dengan tugas khusus sebagai profesi pendidik. Pendidik mempunyai sebutan lain sesuai kekhususannya yaitu:

* Guru
* Dosen
* Konselor
* Pamong belajar dll

3. Tenaga Kependidikan lainnya

Orang yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan, walaupun secara tidak langsung terlibat dalam proses pendidikan, diantaranya:

* Wakil-wakil/Kepala urusan umumnya pendidik yang mempunyai tugas tambahan dalam bidang yang khusus, untuk membantu Kepala Satuan Pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan pada institusi tersebut. Contoh: Kepala Urusan Kurikulum
* Tata Usaha, adalah Tenaga Kependidikan yang bertugas dalam bidang administrasi instansi tersebut. Bidang administrasi yang dikelola diantaranya;

o Administrasi surat menyurat dan pengarsipan

o Administrasi Kepegawaian

o AdministrasiPeserta Didik

o AdministrasiKeuangan

o AdministrasiInventaris dll

* Laboran adalah petugas khusus yang bertanggung jawab terhadap alat dan bahan di Laboratorium

* Pustakawan
* PElatih Ekstrakurikuler
* Petugas keamanan (penjaga sekolah), Petugas kebersihan, dan lainya.

B. Inovasi dalam ketenagaan pendidikan

Inovasi dalam ketenagaan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pembuat inovasi tersebut. Kalau pada pertemuan-pertemuan sebelumnya telah dibahs difusi inovasi, maka Indonesia bisa dikatakan sebagai kelompok penerima inovasi. KArena kebanayakan inovasi kependidikan yang diselenggarakan di Indonesia pernah dilaksanakan juga di beberapa Negara maju. Tentunya dengan design dan pola yang sudah dilakkan penyesuaian.

Beberapa inovasi ketenagaan pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia diantaranya:

1. Sertifikasi pendidik, inovasi ini menuntut peningkatan kompetensi pendidik di Indonesia, disamping itu peningkatan kesejahteraan pendidik menjadi motivasi besar bagi para pendidik untuk mengejar sertifikasi, sehingga tidak heran beberapa perguruan tinggi penyelenggara pendidkan tenaga kependidikan (LPTK) dipenuhi dengan guru-guru yang berusaha meningkatkan kualifikasi. Inovasi ini lumayan menelan anggaran yang besar, namun saat ini perlu dikaji ulang karena banyak dirasakan program ini.

2. Program Pendidkan Profesi Guru (PPG). Guru sebagai sebuah profesi dituntut lebih profesioanl lagi, sehingga berkembnag wacana dibukanya PPG, sehingga calon guru di Indonesia bisa dikatakan profesioanl setelah menempuh program ini, namun berbeda dengan pendidikan profesi dokter atau yang lainnya, untuk PPG siapa saja boleh menikuti program ini, tidak seperti dokter yang mengikuti PPD yang harus sduah memilki basic kedokteran. Mskipun baru tahap wacana, dan baru dilaksanakan di beberapa daerah saja, tentunya program ini lumayan menyedot perhatian public pendidikan.

3. Diklat jabatan kepala sekolah, meskipun kurang disorot, tapi program ini termasuk dalam program inovasi, data yang ditemukan oleh Direktorat Pengembangan Mutu Pendidk dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) mengatakan bahwa 80% kepala sekolah di Indonesia belum memilki kemampuan maanjerial yang baik, sehingga Dirjen PMPTK secara bertahap menegadakan program diklat jabatan bagi kepala sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan kepala sekolah.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: