Administrasi Pendidikan (Citra Pendidikan Indonesia)

OBSERVASI

PROFIL LEMBAGA

* Sejarah Lembaga

Kampoeng Sakola SIAS mulai dirintis bulan April tahun 2004. Peresmian sekolah ini disesuaikan dengan hari kelahiran pemiliki atau ketua yayasan yaitu pada bulan Agustus. Pendirian sekolah ini dilatarbelakangi oleh seorang dokter yaitu dr. H. Awan Buana, Sp.M., M.Kes., dan seorang insinyur yaitu Ir. Hj. Eti Suryati yang tertarik dengan dunia pendidikan.

Pendirian sekolah ini dimotivatori dari kesuksesan keluarga ibu Eti yang berkecimpung dalam dunia pendidikan yaitu membuka sekolah-sekolah swasta yang berkembang cukup pesat, salah satunya yayasan Asih Putera yang sekarang telah memiliki SD/MI, SMP/MTs, serta SMA/MA. Kesuksesan ini memberikan semangat para anggota keluarga untuk membuka yayasan atau lembaga pendidikn sendiri, salah satunya keluarg bapak Awan dan bu Eti ini yang mendirikan yayasan Cahya Buana. Buana diambil dari nam dokter yaitu bapak Awan.

Dengan lingkungan alam yang mendukung serta luas tanah yang cukup memadai yaitu ± 7000 m2, memunculkan suatu gagasan untuk mendirikan sekolah alam. Nama “Kampoeng Sakola” mencerminkan sekolah yang disetting sebagai suasana perkampungan, tetapi tidak berarti kampungan, karena sekolah ini memiliki idealisme yaitu sekolah yang melek IT, ilmu pengetahuan, dengan kata lain moderinisasi telah ada di sekolah ini.

Keberadaan Sekolah Dasar Interantif Abdussalam (SIAS) diharapkan dapat memberikan alternatif solusi untuk mengembangkan layanan pendidikan yang interaktif dan unggul/bermutu dengan memperhatikan aspek psikologis, sosial, dan budaya yang dipayungi oleh kaidah agama Islam untuk menghasilkan lulusan yang religius, kreatif, dan mandiri.

* Alamat/Identitas Sekolah

Nama Yayasan : Cahya Buana

Nama Sekolah : SD Interaktif Abdussalam

Alamat : JL. Cihanjuang Cibaligo No17 Parongpong Kab. Bandung Barat

Propinsi : Jawa Barat

No. Telp / Email : 022 920729 27 / www.siabdussalam.com

* Visi

Mewujudkan Sekolah Dasar yang Interaktif dan Unggul untuk melahirkan Generasi yang Religius, Kreatif dan Mandiri

* Misi

  1. Menyelenggarakan lingkungan pendidikan yang bernuansa alam untuk lebih mengenal bentuk-bentuk ciptaan Alloh SWT..
  2. Membantu pembentukan karakter anak untuk lebih mandiri, bertanggung jawab, jujur, tangguh dan mempunyai sifat kepemimpinan.
  3. Mengembangkan kecerdasan , keunggulan dan life skill anak.
  4. Menyelenggarakan sekolah yang ramah untuk semua anak, termasuk untuk anak yang berkebutuhan khusus/inklusi

* Tujuan

1. Melahirkan peserta didik yang cerdas,kreatif dan inovatif.

2. Meluluskan siswa yang mampu bersaing, bertanggungjawab di jenjang pendidikan selanjutnya.

3. Meningkatkan didiplin siswa di setiap kegiatan.

4. Meningkatkan sekolah yang berkualitas sebagai sekolah model.

5. Mengembangkan model sekolah Inklusi.

6. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa.

7. Membentuk karaktek siswa yang islami melalui kegiatan pembiasaan.

8. Menanamkan nilai-nilai budaya secara individu dan kelompok.

9. Meningkatkan keterampilan berkesenian melaui ekstrakurikler.

10. Mengembangkan budaya cinta lingkungan.

* Sasaran

1. Tercapainya lulusan yang mampu bersaing dan bertanggung jawab di jenjang pendidikan selanjutnya .

2. Terlaksananya disiplin pendidik dan pesera didik di lingkungan sekolah dan masyarakat.

3. Tewujudnya siswa yang cerdas, kreatif dan inovatif.

4. Terciptanya seklah yang berkualitas sebagai sekolah mdel.

5. Terwujudnya model sekolah inklusi.

6. Terwujudnya keimanan dan ketaqwaan tehadap uhan yang maha esa.

7. Karakter siswa yang islami.

8. Terwujudnya disiplin siswa yang tinggi.

9. Tertanamnya nilai-nilai budaya pada diri peserta didik.

10. Terwujudnya siswa yang terampil berkesenian.

11. Terciptanya budaya cinta lingkungan.

12. Terwujudnya suasana sekolah yang kondusif, nyaman dan harmonis.

* Program Lembaga

§ Pelayanan yang optimal terhadap seluruh peserta didik

Program ini memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta didik mulai dari awal masuk, diantaranya ada tes psikologi dan konsultasi ketika awal masuk serta sekolah sudah memiliki klinik perkembangan anak.

§ Pelaksanaan model sekolah inklusi yang disesuaikan dengan program SIAS

Program ini memberikan keleluasaan kepada anak berkebutuhan khusus untuk bersekolah di SIAS. Untuk membantu anak-anak tersebut, maka SIAS menyediakan guru pendambing atau helper untuk membantu penguatan materi selama proses pembelajaran.

§ Pembentukan karakter melalui pembiasaan

Program ini berhubungan dengan pembiasaan yang ingin dibudayakan di SIAS untuk seluruh keluarga besar SIAS terutama para siswa.

§ Pelaksanaan Kesenian Melalui Kegiatan EkstraKurikuler

Program ini berhubungan dengan pengembangan potensi dan ekspresi diri sesuai dengan minat dan bakat

* Keadaan Siswa

Peserta didik di SD Interaktif Abdussalam notabennya adalah peserta didik dengan status ekonomi atau pendapatan menengah ke atas. Namun, saat ini sekolah mengupayakan program yang membantu anak-anak kurang mampu seperti anak yatim dan lainnya untuk bersekolah di SIAS. Ada bantuan khusus yang digulirkan oleh SIAS dalam membantu mereka yang kekurangan, yaitu melalui program beasiswa, yang diperoleh dari bantuan orang tua siswa, sponsor atau donatuir, serta yayasan sendiri. Jumlah siswa setiap kelasnya di sekolah ini berbeda dengan sekolah-sekolah dasar formal lainnya, jumlahnya tidak terlampau banyak karena ditekankan pada pendampingan atau pembinaan yang optimal dari para pendidiknya.

Daftar Tenaga Educatif SD Interaktif Abdussalam

Pendidik di SIAS merupakan guru-guru yang memiliki kualifikasi S1 dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia dengan berbagai disiplin ilmu, termasuk Ortopedagog dan Psikolog. Adapun komponen guru SIAS, diantanya :

  1. Kepala Sekolah                                              : Iwan Kurniawan, S.Pd
  2. Wali Kelas 1                                                    : Impin Nurul Asih, S.Si
  3. Wali Kelas 2                                                    : Eliza Rahmayanti, S.Pd
  4. Wali Kelas 3                                                    : Ery Vibriani, S.Psi
  5. Wali Kelas 4                                                    : Aneng ArunaH, S.Pd
  6. Wali Kelas 5                                                    : Rusyadi, S.Ag
  7. Wali Kelas 6                                                    : Abdul Rahayu, STP
  8. Koordinator Guru Helper/Pedagog     : Nur’aini, S.Pd
  9. Psikolog                                                           : Dra. Nita Feranita, Psi, M.si

Struktur dan Muata Kurikulum

Mata pelajaran wajib, diantaranya :

  1. Agama
  2. Pendidikan dan kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. IPA
  6. IPS
  7. Penjasorker
  8. Seni dan Budaya

Mata pelajaran khas SIAS, diantaranya :

  1. Bahasa Inggris
  2. Bahasa Arab
  3. Komputer
  4. Pengembangan diri/out bound
  5. Pembiasaan

Kegiatan pengembangan diri, diantaranya :

Pembentukan karakter melalui pembiasaan

  • Rutin

1)    Upacara Bendera setiap hari Senin

2)    Sholat Dhuha bersama dan Dzuhur berjamaah

3)    Menghapal surat Juz Amma, hadist pendek dan doa sehari-hari  sesuai dengan tingkatan kelas sebelum dimulai belajar.

4)    Berdo’a sebelum dan sesudah belajar

5)    Menyiram Tanaman dan menjaga tanaman di lingkungan sekolah

6)    Memebersihkan Kelas, halaman sekolah sesuai jadwal piket.

7)    Membaca buku di perpustakaan

8)    Makan bersama dan adab-adab dalam makan

  • Terprogram

1)    Kegiatan  (Pesantren Ramadhan)

2)    Pekan kreativitas dan olahraga antarkelas

3)    Peringatan hari-hari besar nasional

4)    Karya wisata, darmawisata, out bound.

5)    Kemah alam dan pembagian laporan perkembangan anak

  • Spontan

1)     Memberi salam.

2)    Membuang sampah pada tempatnya.

3)    Membiasakan antri

4)    Membantu temannnya yang terkena musibah

5)    Berdiskusi dengan baik dan benar

6)    Berkata dengan baik dan tidak kasar

  • Teladan

1)     Berpakaian rapih dan bersih

2)     Tepat waktu dalam segala hal

3)     Penampilan sederhana

4)     Tidak merokok di lingkungan sekolah

Pengembangan potensi dan ekspresi diri sesuai dengan minat dan bakat

  • Pengembangan potensi, terdiri dari UKS, jurnalistik anak/warcil, dan perpustakaan.
  • Ekspresi diri sesuai minat dan bakat, terdiri dari :

1)      seni meliputi degung dan angklung

2)      olahrga meliputi futsal, pencak silat/perisai diri

3)      sesuai minat terdiri dari kajian mata pelajaran meliputi komputer dan english club, serta kajian muatan lokal meliputi kerajinan tangan (seni rupa) menggambar dan mewarnai serta hasta karya.

INOVASI YANG ADA DI LEMBAGA

Inovasi adalah suatu

Inovasi yang sedang dilakukan di SIAS adalah inovasi yang berkaitan kurikulum atau program pembelajaran serta inovasi yang berkaitan dengan sarana prasarana. Adapun rinciannya sebagai berikut :

  • Inovasi dalam kurikulum atau program pembelajaran

Sekolah inkluisi

SIAS adalah sekolah yang mengarah kepada sekolah inkluisi, dimana anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti autis, hiperaktif dan lainnya bisa bersekolah di sini. Untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus ini, ada guru helper atau pendamping. Proses pembelajaran serta materi yang diajarkan sama dengan siswa lainnya, akan tetapi untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus ada penguatan materi, karena daya tampung atau kemampuannya yang tidak sama dengan siswa lainnya. Selain itu dalam tahapan evaluasinya juga memiliki perbedaan, hal ini disesuaikan dengan assesment bagi anak yang berkebutuhan khusus.

Program atau kurikulum khas

Program atau kurikulum SIAS memiliki keunikan tersendiri. SIAS merupakan sekolah yang bernafaskan Islam, bernuansa alam dan kedaerahan membuat SIAS memiliki program serta mata pelajaran khas yang unggul. Adapun mata pelajran yang menjadi ciri khas adalah bahasa Inggris, bahasa Arab, computer, pengembangan diri/outbound, serta pembiasaan. Program pembiasaan yang menjadi cirri khas di SIAS merupakan budaya positif yang dicoba diteladani dan dipatenkan di SIAS. Terbukti budaya positif ini membawa dampak yang baik terhadap siswa yang ada di SIAS, seperti mereka lebih disiplin, menghargai dan menghormati orang yang lebih tua, dan terlebih lagi bersyukur atas segala nikmat Allah.

Proses dan metode pembelajaran

Dalam proses pembelajarannya, SIAS lebih berorientasi dan mengoptimalkan proses pendampingan kepada para siswa, sehingga jumlah siswa setiap kelasnya tidak terlampau banyak. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran lebih efektif dan efisien serta terarah. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran kontekstual, dimana setiap mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa memberikan mereka ruang gerak serta pengalaman yang nyata dan berkorelasi dengan apa yang sedang mereka pelajari.

  • Inovasi dalam sarana prasarana

SIAS merupakan sekolah yang berwawasan lingkungan atau bernuansa alam, dimana suasana sekolah disetting layaknya suatu perkampungan yang asri dan bersahabat dengan alam. Hal ini, bertujuan agar semua komponen yang ada di SIAS, baik itu pendidik maupun tenaga kependidikannya serta siswa dan orang tua mengingat sang Khalik yaitu Allah dengan melihat alam ciptaannya. Sesuai dengan konsepnya, inovasi dalam sarana prasaran mengacu pada empat komponen sarana prasarana. Building atau bangunan seperti ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas, dan ruangan lainnya bersumber atau berbahan dasar kayu dan disetting layaknya sekolah atau ruangan yang berada di alam terbuka. Selain itu perlengkapan seperti lemari, meja, kursi, dan lainnya pun berbahan dasar kayu yang seolah-olah berasal darihutan atau alam tempat mereka berada.  Tempat atau fasilitas outbound yang ada merupakan fasilitas yang mendidik. Saat ini, SIAS sedang dalam tahap pembangunan ruang kelas baru serta tempat outbound yang lebih luas dan dirancang untul mengoptimalkan potensi siswa, dan tentunya permainan yang lebih educative.






Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: